Tips Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal

Budidaya ikan mas memang menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa kalangan. Namun terkadangan, banyak juga orang yang akhirnya mengurungkan niatnya untuk melakukan budidaya komoditi tersebut karena bingung akan tempat yang cocok untuk melakukannya. Banyak yang mengira, ikan mas harus dibudidayakan di tempat yang luas. Selain itu, tempat yang dipergunakan haruslah kokoh seperti terbuat dari beton. Apa hanya dengan hal itu saja untuk bisa membudidayakan ikan mas? Tentu saja tidak. Salah satu media peningkaran ikan mas yang justru sangatlah sederhana dan mudah diimplementasikan yaitu kolam terpal.

Budidaya Ikan Mas. Source: Ilmuhewan.com

Keuntungan yang didapat ketika membudidayakan ikan mas di kolam terpal salah satunya adalah efisiensi lahan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bagi yang merasa harus memiliki lahan luas untuk melakukan budidaya sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi. Dengan fleksibilitas bahan terpal yang dapat diatur sesuai dengan luas lahan yang dimiliki justru sangat memudahkan kita.


Ditambah lagi, bahan terpal yang anti air atau tidak menyerap air ini secara otomatis akan dapat menampung sejumlah air jika terpal didesain seperi kolam. Kemudian selain efisiensi lahan, dengan mudah kita dapat membersihkan wadah tempat ikan mas dibudidayakan. Wadah yang mudah dibersihkan akan menjamin kesehatan ikan karena mengurangi resiko infeksi penyakit pada ikan mas yang akan dibudidaya nantinya.

Lalu, hal apa saja yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan jika ingin membudidayakan ikan mas? Yang pertama adalah dari segi penyiapan kolam terpal tempat dibudayakannya ikan mas. Sebisa mungkin buatlah kolam yang kokoh. Mengenai hal tersebut diperlukan bahan-bahan penunjang untuk menyangga terpal agar bentuk kolam ikan mas menjadi lebih proper. Bahan-bahan yang dapat dipergunakan yaitu kayu, papan, batako, atau pun tanah. Ada pun beberapa peternak ikan mas memilih untuk menempatkan kolamnya pada bidang landai, sehingga air pada kolam mudah untuk dikeluarkan bila mana akan membuang air kolam dan mempermudah proses pembersihan kolam.

Jika kolam sudah disiapkan, selanjutnya perhatikan ukuran kolam yang telah dibuat. Mengapa harus memerhatikan ukuran kolam? Karena, ukuran kolam akan menentukan kapasitas ikan yang dapat ditampung dalam wadah terpal tersebut. Idealnya, kondisi ikan di dalam kolam bebas bergerak namun juga tidak terlalu senggang atau dengan kata lain masih dapat diisi oleh beberapa ikan. Hal ini bersinggungan dengan persiapan bibit ikan mas. Bibit bisa kita dapat dari dua hal. Pertama, dengan membeli dari penjual bibit ikan mas. Menurut beberapa sumber, daerah penghasil bibit ikan mas yang unggul adalah Cianjur, Bandung, dan Subang. Selanjutnya, bisa juga dengan cara beternak sendiri bibit-bibit ikan mas yang berkualitas.

Bibit yang berkualitas sudah di dapat. Langkah berikutnya perlu proses perawatan ikan mas yang cukup intensif, terutama ikan mas di kolam terpal perlu sekali diperhatikan asupan pakan yang akan diberikan. Ikan perlu diberi pakan beberapa kali. Selain pakan, kualitas air juga sangat perlu diperhatikan. Terkadang pada proses pemberian pakan, semakin lama air menjadi keruh dan tidak lagi segar. Intensitas tinggi dalam membersihkan kolam juga diperlukan dan juga mengganti air dengan air yang bersih. Seperti yang sudah pernah disebutkan, hal ini dimaksudkan agar ikan tidak mudah terjangkit penyakit. Kualitas air juga dapat diperoleh dengan memberikan alat sirkulasi udara pada kolam.

Tidak hanya itu, menjaga suhu kolam ternyata juga tidak kalah penting. Kolam harus dalam kondisi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Tetap pastikan kolam mendapat pencahayaan dari sinar matahari secara cukup. Kemudian, dalam menyediakan media ternak ikan mas terdapat dua metode implementasi kolam terpal. Yang pertama adalah metode kolam air tenang dan kedua adalah metode kolam air deras.


Dua-duanya sama-sama baik dan menguntungkan, tetapi tergantung peruntukannya. Kolam dengan air deras sangat dianjurkan bagi peternak yang ingin memiliki ikan mas untuk diperbesar dan akan dikonsumsi selanjutnya, karena dengan air yang deras ikan akan makan lebih lahap sehingga mempercepat proses penggemukkan ikan. Namun, bagi yang ingin menghasilkan ikan anakan atau benih yang berkualitas, ikan dengan kolam air tenang adalah solusinya.

Dengan langkah-langkah dan beberapa syarat mengenai beternak ikan mas ternyata cukup mudah bukan? Dengan begini, yang selama ini kita anggap sulit untuk beternak ikan mas sekarang bukan lagi menjadi hambatan. Lagi pula, beternak ikan mas sangatlah mudah. Di samping modal yang dikeluarkan untuk beternak ikan mas sedikit, namun keuntungannya akan besar jika peternak benar-benar menekuni bidang ini.




Agromaret telah memiliki 120837 Anggota.

Mohon bantu kami untuk membuat agromaret lebih baik

mohon isi survey di sini