Budidaya

Teknik Penanaman Pepaya Calina/California

Feb 09, 2017 /  

Banyak orang yang bertanya-tanya apakah pepaya California adalah pepaya yang berasal dari Amerika? Jawabannya adalah tidak, pepaya California sebenarnya adalah pepaya varietas Calina hasil temuan Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati MS dari Institut Pertanian Bogor.

Pepaya Calina mampu berbuah terus menerus tanpa mengenal musim sehingga sangat berpotensi jika dibudidayakan secara intensif.  Tinggi pohonnya hanya sekitar 1,5 meter dan rasa buah manis. Pepaya Calina dapat ditanam dengan populasi padat antara 1.000-1.500 pohon/hektare.

Pepaya Calina atau juga dikenal dengan nama Pepaya IPB-9 mulai berbunga pada usia tanam 4 bulan dan panen awal pada umur 8 bulan. Umur ekonomis pepaya ini yaitu 3-4 tahun. Pada lahan satu hektar bisa ditanam pepaya Calina dengan jarak tanam 2.5m x 2.5m sehingga jumlah tanaman akan sebanyak 1.521 pohon/hektar.

Pepaya Calina membutuhkan cara budidaya yang intensif, mulai dari persiapan benih, pembibitan, penanaman ke lahan, pemeliharaan, pemupukan, hingga panen. Berikut cara budidaya pepaya Calina:

PRATANAM (Pembibitan dalam Polibag)

  • Siapkan media semai pupuk kandang dan tanah (1:1) ditambah arang sekam (jika tersedia) ke dalam polibag ukuran 10x15 cm.
  • Sebelum ditanam dalam polibag, rendam benih selama 1-2 jam ke dalam air hangat atau dengan larutan fungisida untuk mencegah serangan jamur dan cendawan pada bibit.
  • Tanam benih dalam polibag sedalam 2 cm sebanyak 2 benih/polibag.
  • Siram bibit 2x sehari (tergantung kelembaban media), pupuk dengan pupuk daun untuk menambah kesuburan.

PINDAH TANAM

  • Setelah berumur 30-45 hari, bibit sudah bisa dipindah tanamkan ke lahan yang sudah dibuat lubang tanam dan diberi pupuk kandang. Pindah tanam sebaiknya dilakukan pada sore hari untuk mencegah paparan panas matahari pada bibit.
  • Lubang tanam dapat dibuat dengan jarak 2m x 2,5m atau 2,5m x 2,5m.
  • Lebar tinggi dan dalam lubang tanam yaitu sekitar 50 x 50 x 50 cm
  • Berikan pupuk kandang sebanyak 25-50 kg pada lubang tanam (tergantung kesuburan tanah) dan biarkan selama kurang lebih 2 minggu.
  • Pemupukan setelah seminggu ditanam, pupuk dengan NPK 200 gram/pohon. Saat tanaman memasuki usia 3 bulan, berikan pupuk NPK sebanyak 300 gram/pohon. Memasuki usia 6 bulan, gunakan pupuk NPK sebanyak 500 gram/pohon dan ditambah dengan pupuk kandang sebanyak kurang lebih 40kg/pohon. Memasuki usia 9 bulan, berikan lagi pupuk NPK sebanyak 500gram/pohon. Di usia 12 bulan berikan pupuk NPK sebanyak 500gram/pohon dan tambahkan 40kg pupuk kandang. Setelah pohon berbuah, berikan pupuk KCI agar buahnya lebih manis.

Agromaret telah memiliki 116145 Anggota.

Mohon bantu kami untuk membuat agromaret lebih baik

mohon isi survey di sini