Teknologi dan Inovasi

Cabai Hibrida CH3 Berdaya Hasil Tinggi Rakitan Dosen IPB

Feb 09, 2017 /  

Cabai merupakan komoditas pertanian yang sangat merakyat di Indonesia. Hampir semua rumah tangga membutuhkan cabai sebagai bumbu atau pelengkap rasa pada masakannya. Namun selama ini kita selalu berhadapan dengan kuantitas produksi dan harga cabai yang tidak menentu.

Di tengah tidak menentunya produksi dan harga, seorang Dosen IPB, Prof. Dr. Muhamad Syukur dari Departemen Agronomi dan Hortikultura (AGH) IPB merakit cabai Hibrida CH3 berdaya hasil tinggi.

Dikatakan Prof. Syukur, cabai IPB CH3 merupakan varietas cabai hibrida berdaya hasil tinggi. Sebab, buahnya lebat dengan produktivitas 17,21 ton per ha. Buahnya yang pedas berdiameter 1,3—1,5 cm, berwarna merah cerah dengan kulit mulus mengkilap.

“IPB CH3 khusus diarahkan untuk memenuhi permintaan industri yang butuh cabai besar dengan tingkat kepedasan tertentu,” kata beliau lagi.

Selain tingkat produksinya yang tinggi, cabai ini juga memiliki tingkat kepedasan dua kali lipat dari cabai merah besar biasa. Selama ini yang kita ketahui adalah cabai kecil yang rasanya pedas dan cabai besar yang rasanya kurang pedas. Namun dengan hadirnya cabai hibrida IPB CH3 kita  bisa mendapatkan cabai besar dengan rasa yang pedas, yaitu hasil dari menggabungkan sifat-sifat unggul dari cabai kecil pedas dan cabai besar kurang pedas.

Agromaret telah memiliki 118865 Anggota.

Mohon bantu kami untuk membuat agromaret lebih baik

mohon isi survey di sini